ADMINISTRASI PENDIDIKAN (1)
ADMINISTRASI
PENDIDIKAN (1)
A. Administrasi
Sebagai Seni Dan Ilmu Pengetahuan
Administrasi
merupakan seni mengatur untuk mengarahkan pada usaha kelancaran,
keteraturan, kedinamisan,
dan keterlibatan suatu usaha. Administrasi mengandung pengertian: 1) adanya
kegiatan bersama yang dilakukan sekelompok manusia. 2) adanya penataan atau
pengaturan dalam kerja sama. 3) adanya
tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan bersama tersebut.
1.
Konsep
dasar administrasi pendidikan
Administrasi pendidikan merupakan penerapan
pengertian administrasi dalam arti luas pada bidang pendidikan atau upaya
menerapkan kaidah-kaidah administrasi dalam pendidikan.
2. Kependidikan dalam harapan
a. Manajemen
dan administrasi kependidikan
Administrasi
adalah sebagai orientasi aksi, mekanisme yang menunjang untuk organisasi dengan
berbagai tujuan
b. Mengapa
administrasi diperlukan
1) Mengimplementasikan
kebijakan dan keputusan lain pada tubuh legislatif
2) Mengklarifikasikan
dan memburu tujuan awal objektivitas
3) Meyakinkan
pengguna sumber daya
4) Membantu
meningkatkan produktivitas pekerja
5) Mempersatukan
dan mengkoordinasi usaha manusia
6) Memonitor
perkembangan
7) Menghasilkan
iklim organisasi
8) Meningkatkan
mutu dan efektivitas
9) Membantu
memproyeksikan gambaran institusi
10) Melaporkan
kepada badan legislatif
3.
Pimpinan lembaga
pendidikan sebagai pengambil keputusan
a. Organisasi
kelembagaan
1) Merancang
organisasi
2) Organisasi
informal
Organisasi informal tumbuh sebagai
sebuah interaksi antar personel
b. Pengambilan
keputusan
Diambil lebih awal sebagai pilihan
sadar yang dibuat setelah dipertimbangkan dengan berbagai alternatif.
4.
Dimensi
kepemimpinan
a. Pentingnya
pengenalan faktor manusia dalam organisasi
b. Manusia
alami, kebutuhan, nilai, dan motivasi
c. Kepemimpinan
dalam pendidikan
d. Perilaku
perorangan, organisasi, konflik manajemen
e. Komunikasi
organisasi
5. Perencanaan pendidikan sebagai
sebuah proses administrasi
a. Persepsi
perencanaan
1) Pengurangan
ketidakpastian
2) Persiapan
masa depan
3) Pengenalan
arah
4) Pembuatan
keputusan
5) Persiapan
inovasi
6) Peningkatan
penampilan
7) Penghindaran
masalah
8) Mekanisme,
model atau alat
9) Resolusi
yang rumit, koordinasi dan kontrol
b. Dugaan
dan orientasi perencanaan
1) Rangkaian
waktu strategi dengan perencanaan operasional
2) Orientasi
intitusi dengan unit perencanaan
3) Orientasi
perencanaan formal dengan informal
4) Proses
perencanaan dengan pentingnya suatu produk
5) Perencanaan
yang bagus dengan orientasi yang berkompetensi
6) Proses
perencanaan dengan administrasi lainnya
c. Definisi
perencanaan
Pengaturan kegiatan formal dan
rasionaluntuk mengantisipasi, memberikan arahan dan teguran untuk mencapai
tujuan pribadi pembaca dan organisasi masa datang
d. Praktik
dan arah perencanaan pendidikan
Perencanaan kurikulum adalah
aktivitas yang telah dilakukan pada permulaan pendidikan dengan sistem formal
e. Masa
yang akan datang
Semua tentang persiapan
6. Manajemen perubahan pendidikan
Menjaga nama, dalam keefisienan,
diterima sebagai tanggung jawab utama para administrasi di masa lalu. Hal ini
adalah refleksi dari budaya dan stabilitas.
System
sekolah hari ini:
a.
Definisi dan Analisis Inovasi
b.
Dimensi
Operasional Perubahan
c.
Perubahan
social dan Pemaknaan dalam Inovasi Pendidikan. Inovasi pendidikan terjadi
karena: 1) ketidakpastian aktivitas di sekolah dalam jangka waktu tertentu.2)
kecelakaan ( ketidakadaan perencanaan), 3) revolusi (protes social), 4)
perencanaan yang rasional
d.
Tujuan
Manajemen dan perubahan Pendidikan secara Radikal;
e.
Factor
yang berpengaruh dan keuntungan Inovasi dalam Pendidikan; 1)inovasi dalam
asosiasi pendidikan, 2)laporan lain dari perubahan pendidikan, 3)dampak dari
perubahan terhadap teknologi.
f.
Inovasi,
Resiko, dan Ketahanan dalam Organisasi
7. Manajemen pendidikan sebagai ilmu
Manajemen pendidikan sebagai sebuah
profesi dengan praktik yang diorientasikan, dan mutu dari pengadministrasi yang
akan melanjutkan penampilan jika mengalami tekanan di bawah kontrol dalam
lingkungan.
a.
empirisme
dan Ilmu
b.
perkembangan
Ilmu Pengetahuan Manajemen: 1) melakukan suvei sekolah, 2) taksonomi.
c.
Perkembangan
Teori dan model Manajemen Pendidikan: 1) definisi teori, 2)ilustrasi dari konstruksi
teori, 3)kegunaan teori, 4) konstruksi teori pada manajemen pendidikan, 5)
teori proses social dalam manajemen pendidikan.
d.
Dari
Teori ke Model
e.
Ilmu
Manajemen dan Pendekatan Sistem Manajemen Pendidikan
f.
PERT
( Analisis Jalur) sebagai Alat Manajemen
g.
Program
Anggaran dalam Prosedur Administratif
h.
Manajemen
by Objektif and Result (MBO/R)
i.
Pengetahuan
Ilmu Manjemen sebagai Alat dan Prosedur.
0 Response to "ADMINISTRASI PENDIDIKAN (1)"
Post a Comment