-->

ADMINISTRASI PENDIDIKAN (1)



ADMINISTRASI PENDIDIKAN (1)

A. Administrasi Sebagai Seni Dan Ilmu Pengetahuan
Administrasi merupakan seni mengatur untuk mengarahkan pada usaha kelancaran, keteraturan, kedinamisan, dan keterlibatan suatu usaha. Administrasi mengandung pengertian: 1) adanya kegiatan bersama yang dilakukan sekelompok manusia. 2) adanya penataan atau pengaturan  dalam kerja sama. 3) adanya tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan bersama tersebut.
1.    Konsep dasar administrasi pendidikan
Administrasi pendidikan merupakan penerapan pengertian administrasi dalam arti luas pada bidang pendidikan atau upaya menerapkan kaidah-kaidah administrasi dalam pendidikan.
2.    Kependidikan dalam harapan
a.    Manajemen dan administrasi kependidikan
Administrasi adalah sebagai orientasi aksi, mekanisme yang menunjang untuk organisasi dengan berbagai tujuan
b.    Mengapa administrasi diperlukan
1)   Mengimplementasikan kebijakan dan keputusan lain pada tubuh legislatif
2)   Mengklarifikasikan dan memburu tujuan awal objektivitas
3)      Meyakinkan pengguna sumber daya
4)      Membantu meningkatkan produktivitas pekerja
5)      Mempersatukan dan mengkoordinasi usaha manusia
6)      Memonitor perkembangan
7)      Menghasilkan iklim organisasi
8)      Meningkatkan mutu dan efektivitas
9)      Membantu memproyeksikan gambaran institusi
10)  Melaporkan kepada badan legislatif
3. Pimpinan lembaga pendidikan sebagai pengambil keputusan
a.       Organisasi kelembagaan
1)      Merancang organisasi
2)      Organisasi informal
Organisasi informal tumbuh sebagai sebuah interaksi antar personel
b.      Pengambilan keputusan
Diambil lebih awal sebagai pilihan sadar yang dibuat setelah dipertimbangkan dengan berbagai alternatif.

4.      Dimensi kepemimpinan
a.       Pentingnya pengenalan faktor manusia dalam organisasi
b.      Manusia alami, kebutuhan, nilai, dan motivasi
c.       Kepemimpinan dalam pendidikan
d.      Perilaku perorangan, organisasi, konflik manajemen
e.       Komunikasi organisasi
5. Perencanaan pendidikan sebagai sebuah proses administrasi
a.       Persepsi perencanaan
1)      Pengurangan ketidakpastian
2)      Persiapan masa depan
3)      Pengenalan arah
4)      Pembuatan keputusan
5)      Persiapan inovasi
6)      Peningkatan penampilan
7)      Penghindaran masalah
8)      Mekanisme, model atau alat
9)      Resolusi yang rumit, koordinasi dan kontrol
b.      Dugaan dan orientasi perencanaan
1)      Rangkaian waktu strategi dengan perencanaan operasional
2)      Orientasi intitusi dengan unit perencanaan
3)      Orientasi perencanaan formal dengan informal
4)      Proses perencanaan dengan pentingnya suatu produk
5)      Perencanaan yang bagus dengan orientasi yang berkompetensi
6)      Proses perencanaan dengan administrasi lainnya
c.       Definisi perencanaan
Pengaturan kegiatan formal dan rasionaluntuk mengantisipasi, memberikan arahan dan teguran untuk mencapai tujuan pribadi pembaca dan organisasi masa datang
d.      Praktik dan arah perencanaan pendidikan
Perencanaan kurikulum adalah aktivitas yang telah dilakukan pada permulaan pendidikan dengan sistem formal
e.       Masa yang akan datang
Semua tentang persiapan
6. Manajemen perubahan pendidikan
Menjaga nama, dalam keefisienan, diterima sebagai tanggung jawab utama para administrasi di masa lalu. Hal ini adalah refleksi dari budaya dan stabilitas.
System sekolah hari ini:
a.       Definisi  dan Analisis Inovasi
b.      Dimensi Operasional Perubahan
c.       Perubahan social dan Pemaknaan dalam Inovasi Pendidikan. Inovasi pendidikan terjadi karena: 1) ketidakpastian aktivitas di sekolah dalam jangka waktu tertentu.2) kecelakaan ( ketidakadaan perencanaan), 3) revolusi (protes social), 4) perencanaan yang rasional
d.      Tujuan Manajemen dan perubahan Pendidikan secara Radikal;
e.       Factor yang berpengaruh dan keuntungan Inovasi dalam Pendidikan; 1)inovasi dalam asosiasi pendidikan, 2)laporan lain dari perubahan pendidikan, 3)dampak dari perubahan terhadap teknologi.
f.       Inovasi, Resiko, dan Ketahanan dalam Organisasi
7. Manajemen pendidikan sebagai ilmu
Manajemen pendidikan sebagai sebuah profesi dengan praktik yang diorientasikan, dan mutu dari pengadministrasi yang akan melanjutkan penampilan jika mengalami tekanan di bawah kontrol dalam lingkungan.
a.       empirisme dan Ilmu
b.      perkembangan Ilmu Pengetahuan Manajemen: 1) melakukan suvei sekolah, 2) taksonomi.
c.       Perkembangan Teori dan model Manajemen Pendidikan: 1) definisi teori, 2)ilustrasi dari konstruksi teori, 3)kegunaan teori, 4) konstruksi teori pada manajemen pendidikan, 5) teori proses social dalam manajemen pendidikan.
d.      Dari Teori ke Model
e.       Ilmu Manajemen dan Pendekatan Sistem Manajemen Pendidikan
f.       PERT ( Analisis Jalur) sebagai Alat Manajemen
g.      Program Anggaran dalam Prosedur Administratif
h.      Manajemen by Objektif and Result (MBO/R)
i.        Pengetahuan Ilmu Manjemen sebagai Alat dan Prosedur.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "ADMINISTRASI PENDIDIKAN (1)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel