-->

dari GURU untuk MURID

297 Siswa SMA Ikuti Gebyar Apresiasi Karakter Siswa Indonesia
07-05-2010 13:51:21 | Dibaca : 193
Jakarta, Jumat (7 Mei 2010)--Sebanyak 297 siswa sekolah menengah atas (SMA) dan 66 guru pembina OSIS perwakilan dari 33 provinsi...

mengikuti Gebyar Apresiasi Karakter Siswa Indonesia (Gebyar AKSI) mulai 6-12 Mei 2010 di Taman Wisata Wiladatika, Cibubur, Jakarta. Kegiatan ini merupakan wahana bagi siswa SMA untuk menggali, mengekspresikan, serta mengaktualisasikan kreativitas dan karakter dalam bentuk sikap dan perbuatan.

Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional (Dirjen Mandikdasmen Kemdiknas) Suyanto menyampaikan, anak-anak harus memiliki karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan agama. Pelaksanaan pendidikan karakter, kata dia, diselenggarakan baik dalam kurikuler maupun ekstrakurikuler. "Kegiatan kurikuler yaitu pada pelajaran Pendidikan Agama, akhlak mulia, kepribadian, dan Pendidikan Kewarganegaraan, " katanya usai membuka acara di Taman Wisata Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Jumat (7/5/2010).

Sementara untuk kegiatan ekstrakurikuler, lanjut Suyanto, dilakukan melalui pelatihan, modeling, dan langsung terjun ke masyarakat untuk menunjukkan kepedulian. "Di Amerika, anak-anak diajari berpuasa, bukan karena dia agamanya Islam, tetapi supaya dia menghayati penderitaan orang-orang miskin," katanya.

Direktur Pembinaan SMA Sungkowo mengatakan, kegiatan ini bukan hanya gebyar semata, tetapi merupakan motivasi agar di daerah dan sekolah khususnya, untuk menggali potensi-potensi yang bisa dijadikan sebagai unggulan pendidikan karakter. "Potensi itu yang nantinya dijadikan model sebagai pembinaan anak-anak bangsa. Dengan pendidikan karakter itu, kita bicara character building atau membangun karakter bangsa," ujarnya.

Adapun ruang lingkup kegiatan meliputi salam nusantara yaitu perkenalan diri dalam bahasa daeerah dan nasional, penampilan budaya daerah, dan presentasi profil daerah. Kemudian, program motivasi, program aksi kebangsaan, program aksi kreativitas, program aksi kepedulian, dan program wisata budaya. Agung -GIM-disalin dari : DIKNAS.GO.ID

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "dari GURU untuk MURID"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel