-->

KESISWAAN

Peserta OSN 2010 Nantikan Pengumuman Pemenang
06 Agustus 2010 | Laporan oleh ahmad_dj

Medan ---  Pelaksanaan perlombaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2010, telah berakhir sejak Rabu (4/8). Hasil lomba akan diumumkan hari ini bertepatan dengan penutupan OSN IX Sumatera Utara, di Lapangan Merdeka Medan (6/8). Selama menantikan pengumuman, panitia lokal membawa para peserta berekreasi. Mereka antara berekreasi ke Museum Rahmat Interansional, Medan, Sumatera Utara.

Sebelum pengumuman juara Olimpiade Sains 2010 tingkat SD untuk bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) diumumkan, Oliver Delano, siswa kelas 6 SD St. Yoseph 2 Denpasar mengaku tegang. "Saya dapat medali tidak ya," ujarnya, Rabu (4/8), seusai lomba. Dia memang berharap dapat medali emas, agar bisa dikirim ke olimpiade internasional. "Kan bisa pergi ke luar negeri gratis," ujarnya.

Tetapi dia juga siap jika gagal meraih medali. "Namanya lomba pasti ada kalah dan menang kan. Kalau kalah, bisa coba lagi nanti pas SMP," tutur anak yang bercita-cita menjadi ilmuwan periset obat-obatan ini.

Koordinator Pelaksanaan Ujian USU, Wiji Purwanta, mengatakan pelaksanaan lomba berjalan lancar.  Misalnya, untuk simulasi perdagangan, siswa dari seluruh Indonesia ini akan merasakan atmosfer perdagangan saham seperti di bursa efek Indonesia. Untuk penilaian bidang ekonomi, tidak semua sama nilainya.

Untuk pilihan ganda penilaian itu 50 persen, uraian 20 persen, presentasi makalah terdiri dari 2 bagian yaitu hasil ujian 12 persen dan presentasi makalah 8 persen, game invention lima persen dan simulasi perdagangan 5 persen.



Wiji mengungkapkan, untuk presentasi makalah pihak juri memberikan 15 judul untuk dipresentasikan dan judul makalah tersebut tetap di bidang ekonomi. "Pelaksanaan ujian juga tidak terganggu dengan pemadaman, kalaupun terjadi pemadaman, kami telah menyiapkan genset yang bisa menjadi alternatif," tambahnya.



Di USU juga berlangsung kegiatan tes teori untuk bidang astronomi tingkat SMA. Tes dilakukan di tiga ruangan laboratorium komputer Stikom USU. Sebelumnya juga dilaksanakan training teleskop untuk bidang astronomi di Hotel Garuda Plaza, dan tes obsevasi dan pengolahan data dari teleskop tersebut dilaksanakan di USU. (hari/osn sumut) disalin dari:http://www.kemdiknas.go.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "KESISWAAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel